Pengabdian Masyarakat Internasional: Implementation of Green Chemistry (Eco-enzyme and Eco-Friendly Soaps) for Communities in Reducing Water Pollution of Buyan Lake in Pancasari Village, Sukasada Buleleng, Bali. University General

`

Dalam rangka Dies Natalis Universitas Udayana, Program Studi Kimia FMIPA Universitas Udayana melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat Internasional tahap akhir yaitu melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah plastik di sekitar Danau Buyan dan pelatihan pembuatan sabun strawberry untuk ibu-ibu PKK Desa Pancasari, Sukasada - Buleleng. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 1 Oktober 2023.

Kegiatan bersih-bersih sampah plastik dipandu langsung oleh ketua pengabdian, Prof. Dr. Drs. I Wayan Budiarsa Suyasa, M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dosen dan mahasiswa P.S. Kimia FMIPA Universitas Udayana, dibantu oleh petugas kebersihan setempat.

Kegiatan pelatihan pembuatan sabun strawberry ini melibatkan mahasiswa yang dipandu oleh Prof. Dr. Dra. Wiwik Susanah Rita, M.Si. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu ibu-ibu PKK Desa Pancasari untuk berwirausaha dalam skala home industry untuk menambah income.