Pengabdian Kepada Masyarakat Internasional di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng Bali University General

`

Program Studi Kimia FMIPA Universitas Udayana melaksanakan kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Internasional tahap ke 2 pada hari Jumat, 8 September 2023, bertempat di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Bali. Kegiatan Pengabdian ini dilakukan dalam rangka menyambut Dies Natalis Unversitas Udayana ke 61 serta sebagai salah satu implementasi kegiatan Tri Dharma Pendidikan Tinggi.

Kegiatan PkM yang diketuai oleh Prof. Dr. Drs. I Wayan Budiarsa Suyasa, M.Si. ini bertemakan “Workshop Pembuatan Ekoenzim dan MOL (Mikroorganisme Lokal) dan aplikasinya”. Pada kegiatan ini, tim PkM Program Studi Kimia memperkenalkan manfaat limbah dapur, seperti sayur dan kulit buah sebagai bahan pembuatan ekoenzim dan MOL, dengan melakukan praktek langsung cara pembuatannya. Kegiatan PkM ini dibuka oleh Kabib DLH Buleleng bidang Pentaatan Lingkungan, Bapak Agus Hartika. Praktek pembuatan Ekoenzim dipandu oleh praktisi Eco-Enzyme bapak Ketut Witama, sedangkan pembuatan MOL diperagakan oleh mahasiswa di bawah bimbingan Bapak Prof. Buadiarsa Suyasa.

Prof. Budiarsa Suyasa selaku ketua kegiatan berharap agar Masyarakat Desa Pancasari memperoleh manfaat dari kegiatan ini. Kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik karena bantuan dari Fakultas MIPA yang menyediakan dana pengabdian. Kegiatan pengabdian ini dibantu oleh dosen P.S. Kimia dan P.S. Farmasi FMIPA serta 8 orang mahasiswa P.S. Kimia FMIPA Universitas Udayana.

Adapun PkM Internasional tahap 1 telah dilaksanakan pada Tgl. 24 Juli 2023 dalam bentuk Webinar (International Webinar of Community Sevice) secara Hybride dengan Tema “Implementation of Green Chemistry (Eco-enzym and Eco-friendly Soap) for Communities in Reducing Water Pollution of Buyan Lake in Pancasari Village, Sukasada, Buleleng, Bali”. Pada Webinar ini dihadirkan Pembicara: Prof. Tsuyoshi Imai (Graduate School of Science and Engineering Yamaguchi University Japan), Dr. Paul Macklin (Departement of Chemical Analysis, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali, Indonesia), Hua Thanh Vo, Ph.D. (Microbubbles for wastewater treatment, Mentrung University of Civil Engineering, Vietnam), Dr. Pravin Dudhagara (Department Biosciences, Gujarat University, India), and Prof. Dr. Budiarsa Suyasa (Study Program of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University, Bali).