CYANIDE ke 25 Himaki Unud University General

CYANIDE ke 25 Himaki Udayana Tahun 2021


Cyanide adalah singkatan dari Chemistry National Olympiad Event, merupakan kegiatan tahunan Himpunan Mahasiswa Kimia Univ. Udayana. Pada tahun ini tema Cyanide adalah ‘Exploring the Valuable Potential of Young Generation in Facing a New Era with Chemistry, yang merupakan wadah untuk siswa dan mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakat di bidang kimia.


Cyanide Udayana diikuti oleh 120 peserta dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia, dengan 4 kategori lomba yaitu Lomba Teori Kimia dan LKTI untuk SMA, serta Essay Mahasiswa dan Sains Innovation Project untuk mahasiswa. Rangkaian acara diawali dengan babak penyisihan teori kimia pada tanggal 4 September 2021, dilanjutkan dengan babak semi final teori kimia pada tanggal 5 September 2021, dan  pada tanggal 18 September 2021 dilaksanakan grand final. Acara diakhiri dengan webinar yang dilaksanakan pada tanggal 19 September 2021.

Dalam Lomba Teori Kimia, juara 1 dari MAN 2 Malang, juara 2 dari SMA Cahaya Rancamaya, dan juara 3 dari SMA Santo Petrus, sedangkan pemenang lomba LKTI diraih oleh peserta dari SMA 5 Denpasar (1), SMA 2 Abiansemal (2), dan SMA 1 Negara, dan sebagai juara umum adalah SMA 5 Denpasar.

Untuk lomba Sains Innovation Project dimenangi oleh kelompok peserta dari Universitas Pertamina, ITS, dan Undip, masing-masing sebagai juara 1, 2, dan 3. Untuk Lomba Essay Mahasiswa, pemenangnya dari Universitas Indonesia (1), Universitas Brawijaya (2), dan Universitas Jambi (3). Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat para generasi muda untuk mempelajari dan mengembangkan ilmu kimia.


uploaded by Ird